Pengadaan lab komputer di sekolah tidak semudah meletakan beberapa komputer dalam satu ruangan. Terdapat faktor mekanikal elektrikal juga yang harus dipikirkan. Daya listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan semua komputer, daya tampung ruangan serta ventilasi yang dibutuhkan menjadi pertimbangan dalam membuat Lab Komputer di sekolah. Untuk memelihara kondisi komputer yang aman perlu mengikuti sistematis desain tata udara yang GEP (Good Engineering Practices) yang telah ditentukan oleh Departmen Pendidikan.

Berbagai Elemen Untuk Menata Lab Komputer

Sistem Tata Udara untuk ruangan dengan komputer berjumlah banyak harus memperhatikan hawa panas yang dihasilkan oleh perangkat tersebut. Oleh karena itu jasa kontraktor HVAC dapat dengan pas memperhitungkan HVAC (Heating, Ventilating and Air Conditioning) tersebut. Perpaduan udara panas dari dalam keluar dan udara sejuk didapatkan ruangan dari AC. Dengan demikian semua elektronikal dalam lab bisa terjaga baik dan aman dari kepanasan yang bisa membuat koslet. Berikut adalah beberapa elemen yang dibutuhkan sebuah lab. komputer yang baik dan jauh dari kecelakaan.

1. HVAC dengan Sistem Chilled Water

Jasa instalasi listrik akan menyarankan ventilasi HVAC untuk lab komputer karena ruangan yang dipenuhi oleh elektronik. Ventilasi pasif seperti jendela dan kisi ventilasi diatas dinding tidak memadai untuk ruangan yang cenderung panas ketika semua komputer dinyalakan dan digunakan. Diperlukan desain sirkulasi udara dengan mode pendingin yang melebihi penggunaan gedung kantoran. Selain pemasangannya juga perlu diperhatikan kelayakan, perawatan, fleksibilitas, dan keamanan. Air pendingin yang menjadi fitur tambahannya yang membuat air menjadi dingin dam memberikan hembusan penyejuk yang cenderung lebih dingin dibandingkan sistem HVAC tanpa chilled water.

2. Tidak Langsung Kena Sinar Matahari

Berbeda dengan sistem pencahayaan yang sehat lainnya. Lab komputer justru sangat menghindari struktur bangunan yang bermandikan sinar matahari. Bias penerangan yang sehat bagi pertumbuhan tulang bagi manusia sangat beresiko untuk komputer yang cenderung panas. Oleh karena itu ruangan lab komputer yang baik adalah yang tidak memiliki bukaan sinar matahari yang terlalu banyak. Sebagai pengantinya maka diletakan lampu yang tersebar dengan merata di seluruh sudut ruang lab komputer.

3. Exhaust Fan

Hawa panas dalam komputerpun digunakan adapter interface boards yang mengarahkan udara panas keluar PC. Terlebih lagi ruangan lab.komputer yang memiliki beberapa komputer berjalan dalam waktu bersamaan. Sangat perlu memiliki Fan Exhaust untuk mengarahkan udara panas didalam dan membuangnya keluar. Adanya ventilasi pendingin seperti ini juga akan memudahkan kerja Air Conditioned. 

Baca juga: Ini Dia 5 Motif Lantai Granit yang Cocok untuk Ruang Tamu

4, Alat pendingin Dengan Heat Exhange

AC atau Aired Conditioned adalah hawa sejuk yang dikeluarkan oleh alat pendingin yang dapat menghembuskan kipas atau udara dingin dengan temperatur rendah. Oleh karena itu. AC dengan Heat Exchange merupakan AC dan sekaligus ventilator hawa panas dalam ruangan. Dengan demikian udara panas seketika dapat diganti dengan suhu ruangan yang lebih sejuk dalam waktu yang sangat singkat.

5. AC Split

Mesin penyejuk ruangan AC Split merupakan jenis mesin AC yang terbagi menjadi dua. Yakni cold side dengan katup ekspansi dan koil evaporator dan hot side diluar ruangan dengan kompresor koil pada kondensornya. AC Split selain mendinginkan ruangan juga memiliki kekuatan dan kecepatan berbeda dalam mendinginkan ruangan. Tambahan Chiller dan evaporator bukan saja menguapkan udara panas namun membuat dingin air dalam AC dan lebih cepat mebuat ruangan dingin.