Spidol merupakan alat tulis harus selalu tersedia di ruang kelas dan juga ruang rapat kantor. Selain berfungsi untuk menjelaskan hal yang sedang diterangkan, spidol juga berguna mencatat beragam ide yang dikemukakan oleh peserta rapat. Secara garis besar, manfaat spidol tidak bedanya dengan alat tulis lainnya seperti pensil atau pulpen. Hanya saja, spidol umumnya digunakan pada papan tulis, baik papan tulis kaca ataupun kayu.

Perbedaan Spidol Non Permanen dan Permanen

Saat ini, berdasarkan ketahanannya, ada dua jenis spidol yang dikenal di pasaran. Yakni spidol permanen dan spidol non permanen. Perbedaan ketahanan pada kedua jenis spidol ini terdapat pada kandungan tinta di dalamnya.

Spidol permanen merupakan jenis spidol yang setelah mengering akan sulit sekali dibersihkan bahkan hampir mustahil. Oleh karena itu, penggunaan spidol permanen harus sangat hati-hati jangan sampai terkena dan menempel di permukaan barang yang tidak dikehendaki.

Kekuatan spidol permanen datang dari komposisinya yang terdiri dari pelarut utama, ditambah gliserida dan resin. Selain itu, juga terdapat pirolidan yang bersifat hidrofobik atau anti air. Spidol permanen juga diberi tambahan bahan pewarna yang tahan air. Sementara itu, spidol yang bersifat temporer atau non permanen hanya bersift pelarut dan pewarna yang tidak tahan air. Oleh karena itu, cenderung lebih mudah untuk dibersihkan.

Penggunaan Spidol Non Permanen

Spidol non permanen dikenal juga sebagai spidol papan tulis. Karena umumnya jenis spidol ini digunakan untuk menulis di papan tulis. Awalnya penggunaan spidol adalah untuk menggunakan kapur agar lebih ramah lingkungan. Saat ini pun sudah banyak yang jual papan tulis kaca untuk tampilan yang lebih modern dan nyaman digunakan menulis dengan spidol.

Baca juga: 5 Kantor Termegah Yang Ada Di Dunia

Namun demikian, spidol non permanen bisa jadi tahan lama saat mengenai permukaan yang mudah menyerap air seperti kain atau kayu yang tidak divernis. Namun akan sangat mudah dibersihkan pada permukaan yang tidak menyerap air seperti kaca.

Penggunaan Spidol Permanen

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan pada penggunaan spidol permanen. Apalagi, saat ini desain spidol permanen pun kian beragam. Sehingga spidol permanen dapat digunakan di hampir semua permukaan, seperti keramik, kayu, melamin, plastik, kaca, batu dan sebagainya. Oleh karena itu, selain digunakan untuk menandai sesuatu, spidol permanen juga dapat digunakan untuk menuangkan ide-ide kreatif yang Anda miliki.

  • Anda dapat berkreasi membuat mug kreatif dengan desain Anda sendiri. Anda dapat menghias mug polos Anda agar terlihat lebih menarik. Anda juga mungkin akan membutuhkan beberapa ukuran spidol permanen agar bisa membuat desain sesuai keinginan. Setelah selesai, jemurlah mug yang telah selesai dihias hingga kering dan spidol menempel permanen.
  • Tembikar atau barang-barang dari tanah liat yang masih polos, bisa Anda jadikan wadah untuk menyalurkan kreativitas Anda. Carilah refensi gambar desain yang menarik, lalu buatlah desainnya dengan menggunakan pensil terlebih dahulu sebelum Anda timpa dengan spidol permanen. Anda pun akan memiliki pot, vas serta hiasan cantik hasil kreasi Anda sendiri.
  • Barang lainnya yang bisa Anda buat tampilannya makin menarik, adalah barang-barang plastik seperti payung transparan atau jas hujan polos. Karena spidol permanen ini tahan air, Anda tidak perlu khawatir karya Anda akan luntur karena hujan. Asal Anda mengeringkannya dengan maksimal
  • Anda juga dapat berkreasi dengan menggunakan barang-barang dari kaca. Namun, jangan menggunakannya pada piring makanan ya. Bagaimana pun kandungan tinta spidol permanen tidak organik. Atau jika Anda bosan melihat tampilan papan tulis kaca, mungkin Anda bisa memanfaatkan spidol permanen dan menghiasi tepiannya dengan cara kreatif agar sesi belajar atau rapat jadi tidak membosankan.