Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menghias dinding agar terlihat indah dan cantik, mulai dari mengkreasikan warna cat, menggunakan stempel cat untuk membuat motif tertentu hingga memasang wallpaper dinding.

Wallpaper dinding tengah digandrungi banyak orang, pasalnya motifnya yang menarik serta pemasangannya yang mudah membuat nya menjadi pilihan untuk menghias dinding ruangan. Toko yang jual wallpaper dinding murah tersebar luas di masyarakat.

Kelebihan wallpaper dinding 

  1. Praktis. Memasang wallpaper dinding tidak memerlukan banyak peralatan, hanya butuh cat kemudian kuas cat saja. Jika dibanding dengan cat yang harus memindahkan barang-barang ke luar, kemudian menggunakan alas, memasang wallpaper lebih mudah, cepat, dan praktis.
  2. Multifungsi. Selain memperindah ruangan. Wallpaper bisa digunakan sebagai pelapis dinding untuk menutupi retak, dan dinding kusam.
  3. Banyak pilihan. Motif wallpaper sangat beragam, mulai dari abstrak, hewan, tumbuhan, hingga sketsa kehidupan sehari-hari, selain itu pilihan warnanya juga sangat banyak dan bisa disesuaikan dengan tema ruangan.
  4. Tahan lama. Wallpaper dapat bertahan hingga 15 tahun, namun hal ini tergantung dari kualitas kertas yang dipakai serta lem yang digunakan. Wallpaper dapat tahan lama dengan catatan tidak sering terkena air dan terpapar sinar matahari langsung. Sebelum memasang wallpaper pastikan jika tembok aman dari bocor dan rembesan air hujan.
  5. Aman untuk anak-anak. Bahan bakunya yang berasal dari kertas sangat aman untuk dijadikan pelapis dinding kamar tidur anak karena tidak mengandung bahan kimia selayaknya cat dinding. Selain itu motifnya yang lucu bisa dijadikan sebagai bahan edukasi. Biasanya anak-anak akan tertarik dengan gambar-gambar yang lucu.

Peluang bisnis wallpaper

Melihat dari sisi permintaan wallpaper yang terus meningkat, sedangkan toko wallpaper dinding, masih terbatas anda bisa mencoba peruntungan dengan membuka salah satu toko wallpaper di kota anda. Berikut kiat sederhana yang bisa dipraktekkan :

  1. Modal. Untuk membuka usaha tentu membutuhkan modal. Nah pada bidang ini tidak memerlukan modal besar. Sebagai awalan siapkan saja uang sebesar Rp 1.000.000 untuk membeli beberapa gulung wallpaper.
  2. Etalase atau toko. Jika ingin berjualan pastikan anda memiliki etalase. Untuk menghemat biaya manfaatkan akun media sosial sebagai galeri toko anda seperti Facebook dan Instagram. Anda juga bisa membuat toko di beberapa olshop seperti Bukalapak, lazada, shopee dan lain sebagainya.
  3. Iklan dan promosi. Iklan merupakan sarana komunikasi antara Anda dengan calon pembeli, buatlah iklan semenarik mungkin agar pembacanya tertarik untuk membeli. Sebagai awalan anda bisa memasang iklan di grup jual beli media sosial, atau menggunakan iklan berbayar pada toko olshop yang sudah anda buat. Sebagai pemanis tambahkan promo menarik seperti pembelian produk dalam jumlah tertentu mendapatkan diskon. Masyarakat Indonesia sangat tertarik dengan diskon terutama kaum hawa.
  4. Tentukan target pemasaran. Hal ini penting dilakukan karena modal yang terbatas anda harus memikirkan model apa yang sedang menjadi tren di masyarakat. Pilihlah beberapa motif yang tengah hangat dibicarakan agar dagangan anda lakukan keras.
  5. Cari info pesaing. Mencari info mengenai lawan bisnis anda bisa mendatangkan beberapa manfaat. Seperti evaluasi diri serta pembandingan harga jual wallpaper dinding murah dapat menarik minat pelanggan. Namun aspek rasio untung rugi harus diperhatikan.
  6. Komitmen dan tidak mudah putus asa. Setiap usaha tidak selalu berjalan mulus. Adakalanya naik dan turun. Jika usaha anda tidak berjalan sesuai rencana cobalah untuk evaluasi dan memperbaiki kesalahan.

Peluang bisnis ini sangat cocok untuk para muda mudi, karena sangat mudah dan tidak memerlukan modal besar selain itu toko wallpaper dinding yang jumlahnya masih terbatas membuat persaingan pasar tidak terlalu sulit. Sekian dan terimakasih.