Penggunaan tempered glass atau kaca tempered semakin lazim untuk bangunan. Selain bisa jadi perabotan, dinding tempered yang tebal atau bahkan pintu kaca frameless, material ini menjadi pilihan kekinian untuk hunian modern. Tampilanya yang simple dengan material kokoh, tidak akan menjadi sepihan berbahaya kala jatuh adalah meunggulan yang tak terbantahkan

Perawatan Pintu Kaca Tempered Yang Benar

Sebenarnya, kaca tempered sangat mudah dibersihkan. Fiturnya yang wear-resistant, membuatnya gampang dirawat dengan mudah tanpa terlalu menyusahkan.  Baik dari rangka kaca sampai memastikan kilap kacanya yang jernih, ada banyak cara perawatan yang bisa dicoba.

1. Menghilangkan Debu  

Ketika kaca melalkui proses tempered maka tegangan tekan tersebar di permukaannya, maka kekuatan kaca tempered lima kali dari kaca biasa. Tetap saja kekuatan tidak berarti bila tampak kusam dan tidak kinclong. Bersihkan pintu kaca tempered dari debu. Permukaan yang jernih dari kaca akan buat debu mudah terlihat menempel. Debu tersebut bisa buat kaca tidak jernih dan tampak kotor. Bersihkan dengan menggunakan kemoceng untuk mengkibarkan debu dan lap dengan lap basah. Jangan lupa sela-sela rangka pintu yang bisa diselipi debu.

2. Pastikan Lapisan Kaca Tidak Tergores

Walau sebagai material tebal dan kuat, untuk penggunaan jangka panjang tidak ada salahnya pastikan anda membersihkan kaca tempered dengan kain berserta halus. Material seperti kain microfiber yang sering dipakai untuk kaca mata. Pasti lembut banget, kan? Keunggulan kain tersebut buat penggunaan sehari-hari lebih aman dan menghindari goresan.

3. Membersihkan Dengan Cairan Pembersih

Pintu kaca tempered yang kering dan berdebu akan sulit untuk dibersihkan, Oleh karena itu, Anda bisa gunakan cairan pembersih untuk mendapatkan kilap kaca yang baik. Eitsss, jangan semprotkan langsung, pakai kain halus dan membasahinya akan lebih cepat mengering dibandingkan menyemprotkan cairan langsung pada kaca. Air sabun atau cairan pembersih akan meninggalkan noda yang sulit dibersihkan dibandingkan membasahinya pada kain lap.

4. Cara Mengusap Kaca Dengan lap

Pasti anda tidak berfikir ada cara khusus untuk membersihkan kaca. Asalkan dilap maka tampilan kaca akan selalu berkilap. Padahal usapkan pada kaca tempered ada caranya tersendiri. Usap dengan gerakan melingkar saat membersihkan adalah cara terbaik mengambil kotoran. Pembersihan secara horizontal dan vertikal, buat debu melebar dan tak kunjung bersih juga. Lakukan pembersihan kaca yang benar dan baik agar tidak terlalu lama dan justru buat debu tidak bersih sama sekali.

5. Tidak Menggosok Terlalu Keras

Hindari menggosok lapisan kaca tempered terlalu keras. Walau kaca yang mengalami proses tempered ini lebih kuat dari pada kaca biasa, tetap saja tidak perlu pakai kekuatan saat menggosoknya. Cukup dengan mengelap saja dengan cara yang benar maka pintu akan terawat dan terjaga kualitasnya

6. Perawatan Rangka 

Bagian pintu yang dirawat selain bagian kacanya juga bagian pintunya perlu diperhatikan. Perhatikan kondisi engselnya agar bisa dibuka tutup tanpa seret. Bila pintu ada rangkanya, pastikan membersihkan debu yang sering menyempil diantara rangka. Bila pintunya terbuat frameless maka periksa sambungan kaca dan pinggiran pintunya.

Demikianlah cara perawatan pintu kaca yang terbuat dari tempered glass. Tak peduli apakah bagian kaca atau rangkanya atau bahkan frameless window, selama rutin dibersihkan mana akan selalu terlihat transparan yang cantik. Agar tidak menyesal, jaga kebersihan dengan cara perawatan yang baik dan benar.