Bagi para pekerja, berbagai peralatan untuk bekerja ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pasalnya, peralatan inilah yang akan membuat pekerjaannya bisa berjalan lancar. Begitu halnya dengan para teknisi atau tukang listrik, banyak sekali alat-alatnya. Terlebih ketika mereka akan melakukan instalasi listrik yang tidak bisa dilakukan oleh tangan kosong. Nah, apa saja sih peralatan khusus teknisi listrik yang wajib dibawa saat bekerja ini? Berikut rinciannya!

Voltmeter

 

Voltmeter

Dari namanya saja, tentu sudah bisa ditebak bahwa alat ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur dan memeriksa voltage. Serta, memastikan sirkuit yang diperiksa tersebut dalam keadaan menyala. Dalam pengukurannya, di dalam voltmeter ini terdapat beberapa istilah dan tulisan berupa (kV) kilovolt, mikrovoltmeter, (MV) milivoltmeter, dan tentu saja (V) voltmeter.

Meskipun terdiri dari beberapa istilah pengukuran, namun alat ini mempunyai batas ukuran untuk tegangan yang diukurnya. Jika melebihi kapasitas tentu akan menyebabkan alat mengalami masalah bahkan kerusakan.

Testpen

 

Testpen

Harus dibawa oleh seorang kontraktor listrik dan siapapun yang akan melakukan pekerjaan berhubungan dengan listrik. Merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mendekteksi atau mengecek tegangan yang ada di sebuah peralatan listrik. Misalnya saja ketika di rumah tiba-tiba lampu mati, atau colokan listrik tidak bisa dipakai.

Nantinya, testpen inilah yang akan mendekteksi apakah di dalam colokan tersebut terdapat tegangan listrik atau tidak.Testpen ini juga bisa berfungsi untuk membuka skrup yang menempel di beberapa alat kelistrikan.

Wire Crimpers

Terdiri dari varian ukuran yang beragam, bahkan ada yang bentuknya cukup besar. Wire Crimpers ini mempunyai kegunaan yang banyak, dari mulai memotong kabel hingga mengelupasinya. Bisa juga digunakan untuk proses crimping RJ-45 saat pemasangan listrik. Karena dalam bekerja, kabel ini akan pasti ditemukan, alat berupa tang potong kabel ini pastinya tidak boleh dilupakan.

Slotted Screw-drivers

Kebanyakan masyarakat lebih familiar pada alat ini dengan sebutan obeng. Ya, obeng memang menjadi alat wajib ketika kontraktor listrik melakukan aksinya. Meskipun bentuknya sederhana, namu kegunaan obeng cukup banyak. Beberapa kegunaannya seperti memasang, membuka, mengencangkan dan mengendurkan baut atau skrup yang akan dipasang pada alat listrik.

Wrench Set

 

Wrench Set

Alat yang satu ini pun tidak boleh dilewatkan, lho oleh electrician. Terdiri dari beragam wrench dengan ukuran dan jenis beragam. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan obeng, hanya saja, karena dalam bentuk set, jadi Anda bisa memilih ukuran dan bentuk seperti apa yang cocok dengan jenis bautnya. Biasanya alat ini pun dilengkapi dengan pengaman dari bahan karet di bagian gagangnya.

Baca juga: Berantas Ngengat Tepat Pada Tempat Dimana Mereka Berkumpul

Wire Strippers

 

Wire Strippers

Jika tadi terdapat wire crimppers, maka sekarang untuk strippers-nya. Mempunyai bentuk unik dengan adanya gerigi di bagian pemotong. Kegunaan alat ini adalah untuk memotong bagian isolasi dari kawat atau besi kecil. Ukuran dari gerigi ini pun variatif yang bisa disesuaikan dengan ukuran objek yang akan dipotong, begitu pun dengan kabel yang isinya terdapat logam tembaga cukup besar.

Cutter

Meskipun saat instalasi listrik pihak electrician mempunyai alat pemotong, khususnya untuk kabel, tetap saja cutter menjadi alat penting yang harus dibawa juga saat bekerja. Pasalnya, cutter inilah yang bisa digunakan sebagai alat untuk membelah bagian isolasi kabel listrik dengan ukuran yang besar.

Selain beberapa alat tersebut, masih banyak lagi alat lain yang tidak boleh dilewatkan oleh para tukang listrik ini. Termasuk alat semacam senter pun perlu dibawa untuk memastikan komponen listrik bisa dilihat dengan jelas dan sempurna. Dengan begitu, pekerjaan electrician ini bisa semakin lancar tanpa kendala.