Kebersihan rumah terletak pada kebiasaan membenahi secara berkala. Karena berpotensi untuk menjadi sarang berbagai serangga dan menyebabkan berbagai penyakit. Bila anda tidak sering membersihkan langit-langit atau di belakang perabotan, maka dapat dipastikan ada banyak sarang laba-laba, debu yang menumpuk dan kotoran lainnya yang perlu penanganan khusus untuk membersihkannya. Serangga dapat merusak perabotan, pakaian dan bahkan konstruksi bangunan.

Tempat Potensial Untuk Bersarangnya Ngengat

Memasang kawat nyamuk saja tidak menjamin tidak ada serangga yang masuk ke dalam rumah. Ngengat dan nyamuk adalah beberapa contoh kecil serangga yang dengan mudah menyelinap masuk. Ngengat dari mulai yang masih berwujud larva hingga dewasa sangat menggangu penghuni rumah dari segi kesehatan sampai kebersihan rumah. Telurnya dapat merusak bangunan, bentuk belatungnya dapat menggerogoti kusen jendela dan bahkan kala dewasapun berhasil mengusik penghuni rumah dari kenyamanannya. Yang menjadi tantangan memberantas ngengat adalah menemukan dimana mereka berada, agar dapat membrantas tuntas. Berikut adalah beberapa area dalam rumah yang mungkin dapat ditemukannya sarang ngengat.

1. Kain Menumpuk

Bila anda tidak menggunakan pakaian dalam waktu yang lama, lebih baik didonasikan atau dibuang. Penumpukan bahan kain bisa menjadi sarang berkembangnya telur ngengat dan serangga lainnya. Ia akanmenggerogoti kain dan merusaknya, dan bila tidak segera ditemukan dan diberantas makan akan terus menyebar kepakaian dan bahkan perabotan. Serangga yang masuk bisanya berukuran sangat kecil dan tidak terjaring oleh kawat nyamuk magnet sekalipun. Sehingga bertelur dan berkembang biak dan merusak dalam rumah dari mulai ia berbentuk telur.

2. Sudut Perabotan

Ngengat walaupun lebih sering kita lihat beterbangan, namun sebelum ia bisa terbang, akan merangkak. Tempat yang ditujunya adalah sudut-sudut meja, kursi, sofa, dan lemari yang biasanya terbuat dari kayu. Oleh karena itu, kala menyapu atau mengepel, pastikan untuk sesekali memindahkan perabotan sehingga sudut yang tidak terlihat dapat terjangkau. Dengan demikian ngenat tidak dapat merangkak ketempat tersebut dan mengerogoti lapisan kayunya dari dalam.

3. Tempat Gelap

Selain menjadi tempat-tempat tak terlihat, ngengat juga bersarang ditempat lembab dan gelap. Sehingga bila ada ruangan dalam rumah yang tidak terpakai, maka harus dipikirkan segera bagaimana menggunakannya. Karena membiarkan sebuah ruangan tanpa dilewati orang apalagi ditempati adalah tidak sehat. Debu akan menumpuk, serangga bisa bersarang dan lalu penyakit berdatangan. Hindari akibat fatal dari membiarkan ruangan menjadi gelap dan tidak dipakai terlalu lama.

Baca juga: Ini Daftar Harga Paving Block Cisangkan Terlengkap Dan Terbaru 2019

4. Sumber Cahaya

Ngengat dalam jumlah kecil sepertinya tidak terlalu berbahaya. Apalagi mereka sangat kecil dan tidak dapat mengigit atau menusuk. Namun sayangnya ngengat tidak pernah ada dalam rumah berjumlah sedikit. Selalu ada segerombolan ngengat dewasa yang mengerubuni sumber cahaya seperti lampu, chaya televisi atau lilin. Ngengat dewasa memiliki usia yang pendek karena setelah kena cahaya lampu mereka tidak lama kemudia mengakhiri hidupnya. Namun sebelum hal itu terjadi mereka sudah banyak melakukan berbagai kerusakan yang meresahkan. Letakan baskom air dibawah cahaya lampu makan ngengat akan berjatuhan dan mati. Tentu setelahnya anda harus membersihkan bekas ngengat yang mati dalam jumlah besar.

Dari tiap kehidupan ngengat tidak ada yang menguntungkan manusia. Untuk memberantasya,temukan mereka pada tempat-tempat yang biasanya kita lupa untuk bersihkan. Dengan membiasakan diri untuk memebah secara menyeluruh maka kita dapat menghindari bahaya baik bagi rumah maupun penghuni di dalamnya dari kerusakan lain yang lebih fatal dan mengkhawatirkan.